yayuk indah_SMK PENERBANGAN ANGKASA_KUNJUNGI WEB SITE SAYA SELALU_TRIMAKASIH

Rabu, 21 Desember 2011

Evek Dari Teknologi

Efek Teknologi

Dalam setiap kemajuan teknologi selalu saja berhadapan dengan dua sisi mata uang. Ada efek negative dan ada efek positifnya. Akhir-akhir ini banyak sekali pemberitahuan di media massa mengenai facebook, mulai dari penculikan anak gadis yang dibawa pergi cowok yang dia kenal di jejaring sosial sampai berita perselingkuhan artis dengan pengacaranya dan diketahui istrinya dari status mereka di facebook.  Waduh ko malah menggosip ya hehe.
Facebook, friendster dan Blog, adalah gaya hidup modern akhir-akhir ini. Coba deh kita lihat, di mana-mana orang pasti pegangannya HP trus update status deh. Lagi makan di restaurant A, lagi nonton film B, lagi bête dan lain-lainnya. Itu adalah beberapa contoh status yang sering banget aku baca. Terkadang facebook dijadikan tempat curhat oleh sebagian orang. Mengekspresikan perasaan kita dengan bebas.
Selain status, facebook juga dijadikan ajang pamer foto-foto. Setiap melewati peristiwa penting dalam hidupnya, kita selalu berfoto-foto ria. Kemudian di uploadlah ke dalam facebook. Trus tag beberapa teman-teman kita yang ada dalam foto itu. Wajar sih, seperti kasus kemarin. Saat kami anak-anak BGF 2010 melihat pameran foto di CCF. Saat tahu bahwa duta besar Perancis datang, tanpa ingin melewatkan kesempatan, kami meminta foto sama beliau. Lucu sekali saat lihat ekpresi Rona, Zufri dan Agung berfoto dengan dubes Perancis. Mungkin kesempatan yang jarang sekali didapatkan ya hehe..Tidak aku pungkiri, banyak sekali album foto di facebookku, yang kebanyakan isinya adalah foto-foto anak-anak BGF yang lagi pada gila semua hehe..
Ngomong-ngomong soal foto, ada satu pengalaman dari temanku yang baru aku baca barusan. Dan itu membuatku untuk segera menganti settingan dari foto-foto yang aku upload. Foto-foto yang selama ini ada di facebookku ternyata bisa bebas dilihat orang, walau dia bukan temanku. Waduh, berabe nih. Akhirnya aku ubah settingannya, hanya yang menjadi temanku saja yang bisa melihat foto-foto tersebut. Sehingga aku bisa menggontrolnya. Maklum temanku tidak banyak hehe.. Aku rada pilih-pilih teman sih, kalau ga aku kenal ya aku ignore saja hehe.. Bukan apa-apa sih, aku hanya pengen berteman dengan orang-orang yang aku kenal.
Balik lagi ke pengalaman temanku itu, temanku itu merasa dirugikan karena foto dia dipakai sebagai ilustrasi di sebuah artikel majalah tanpa seijin dia. Baca saja dihttp://triyanifajriutami.wordpress.com/2010/02/13/hati-hati-ya-kalau-pasang-gambar-atau-foto/, untuk cerita lebih rincinya. So berhati-hatilah kalau mau upload foto.
Itu sedikit efek negative dari facebook, namun tentu saja ada efek positifnya kan? Yup, membuat kita bisa bertemu teman lama walau hanya di dunia maya. Berbagi cerita di note dan foto2, itu yang aku dapatkan saat aku bergabung dalam jejaring sosial ini. Berkenalan dengan beberapa teman di Grenoble, bisa melihat kota-kota indah di Perancis (walau hanya lewat foto ya hehe), sampai bisa melihat serunya bermain ski di Norwegia.
Semua itu balik lagi ke pribadi masing-masing. Selama masih bisa mengontrol diri agar tidak kecanduan pasti efeknya akan positif dari setiap kemajuan teknologi. Intinya berhati-hatilah memberi informasi pribadi Anda, berhati-hatilah dalam mengupload foto dan berhati-hatilah dalam memilih teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar